Apa Yang Dimaksud PBN? Pengertian Private Blog Network – Think Like a Pro!

Apa yang dimaksud dengan PBN
Apa yang dimaksud dengan PBN?

Apa yang dimaksud PBN? PBN merupakan singkatan dari Private Blog Network. Private Blog Network adalah sekumpulan blog atau situs web yang dimiliki dan dikontrol oleh seseorang atau sebuah perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan posisi situs web utama dalam hasil pencarian mesin pencari (Search Engine Results Pages/SERP).

Apa yang dimaksud dengan PBN?

PBN biasanya menggunakan tautan balik (backlink) ke situs web utama yang bertujuan untuk meningkatkan popularitas dan kepercayaan mesin pencari terhadap situs web utama.

PBN dianggap sebagai praktik yang tidak etis alias curang dalam optimasi mesin pencari (SEO), karena sering kali dilakukan dengan cara yang tidak sesuai dengan kebijakan mesin pencari.

Beberapa mesin pencari, seperti Google, menerapkan sanksi terhadap situs web yang menggunakan PBN dengan cara yang tidak sesuai dengan kebijakan mereka, sehingga dapat menurunkan posisi situs web tersebut dalam hasil pencarian.

Baca juga:

Bagaimana cara kerja PBN?

Apa yang dimaksud dengan PBN
Apa yang dimaksud dengan PBN?

Adapun cara kerja PBN dalam seo biasanya seperti di bawah ini:

  1. Pembuatan blog atau situs web yang akan digunakan sebagai bagian dari Private Blog Network. Blog atau situs web ini harus terlihat seperti situs web biasa yang menyediakan konten bermanfaat dan terkait dengan topik tertentu.
  2. Tautan balik atau biasa disebut backlink, ke situs web utama yang ingin ditingkatkan posisinya dalam hasil pencarian. Tautan balik ini dapat ditambahkan melalui artikel atau konten yang diterbitkan di blog atau situs web yang menjadi bagian dari Private Blog Network.
  3. Peningkatan popularitas blog atau situs web yang menjadi bagian dari Private Blog Network. Ini dapat dilakukan dengan cara mempromosikan blog atau situs web tersebut ke berbagai platform online, seperti media sosial atau forum.
  4. Peningkatan posisi situs web utama dalam hasil pencarian. Mesin pencari akan menilai situs web utama lebih populer dan terpercaya jika situs tersebut memiliki banyak tautan balik dari blog atau situs web lain yang terpercaya. Hal ini dapat meningkatkan posisi situs web utama dalam hasil pencarian.

Namun, perlu diingat bahwa mesin pencari seperti Google menempatkan kebijakan yang ketat terkait dengan PBN, dan dapat memberikan sanksi terhadap situs web ataupun blog yang menggunakan PBN.

Apakah PBN aman untuk blog?

PBN dapat meningkatkan posisi situs di mesin pencarian dengan mengirimkan link kembali (backlink) ke situs yang dibidik.

Sebagian besar orang menganggap jika PBN sebagai praktek yang tidak aman dan tidak etis karena dapat membuat situs kita dikenai sanksi pinalti oleh mesin pencarian.

Google dan search engine lainnya dapat mengenali jaringan/network blog yang digunakan untuk melakukan PBN pada posisi situs kita dan tentunya mereka juga bisa menurunkan peringkat situs atau blog kita, atau bahkan menghapus situs dari hasil pencarian.

Selain itu, PBN juga dapat “menyebabkan masalah keamanan” pada situs kita (katanya), seperti halnya hack dan serangan ddos.

Jika memang search engine mendeteksi adanya PBN pada situs atau blog kita, hal ini tentunya dapat menyebabkan kerugian yang lumayan terhadap bisnis kita, dan bisa juga merusak reputasi bisnis online kita. Namun hal ini tentunya tergantung dari seberapa besar kah brand kita, meskipun banyak yang tidak terdampak.

Jadi kesimpulannya, PBN dapat meningkatkan posisi situs dalam hasil pencarian, tetapi juga memiliki risiko yang sangat tinggi dan dapat menyebabkan masalah keamanan serta mendapatkan sanksi/penalti dari mesin pencari seperti halnya google, bing, dsb.

Sedikit saran dari kami, untuk kamu yang masih baru dalam dunia perblogging-an, sebaiknya hindari cara ini. Meskipun banyak dari mereka yang sebetulnya baik-baik saja meskipun menggunakan metode ini, tapi alangkah baiknya jika kita bermain aman terlebih dahulu bukan? hehehe…

Untuk kamu yang masih baru, sebaiknya gunakan metode yang sesuai dengan peraturan mesin pencari, seperti menggunakan guest post untuk mendapatkan backlink yang dibutuhkan, ataupun sejenisnya.

Oleh karena itu, penting untuk memahami kebijakan mesin pencari sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa PBN dalam optimasi SEO blog kamu.


Baca juga:

Leave a Comment