Apa Itu Machine Learning? Mulai Dari Sini!

apa itu machine learning? notnoob.com
Apa itu Machine Learning?

Machine learning adalah suatu cabang dari ilmu komputer yang mempelajari sesuatu hal dengan sendirinya dari data yang telah disediakan tanpa harus didefinisikan secara detail. Tujuan dari machine learning adalah untuk membuat sistem yang dapat belajar dan meningkatkan performanya secara otomatis, dengan cara mengolah data yang sudah ada sebagai bahan pembelajarannya.

Dalam machine learning, terdapat beberapa tipe algoritma yang dapat digunakan, seperti:

  1. Algoritma supervised learning, di mana sebuah machine learning akan diberikan input dan output data yang sudah terlabel sebagai contoh. Sistem tersebut kemudian akan mencari pola dari data tersebut dan menggunakannya untuk memprediksi input dari output selanjutnya.
  2. Algoritma unsupervised learning, di mana sistem tersebut hanya diberikan data input saja, tanpa data output. Sistem tersebut akan mencari pola-pola dari data input tersebut dan mengelompokkan data ke dalam kelompok-kelompok yang mirip.
  3. Algoritma reinforcement learning, di mana sistem machine learning akan belajar dari pengalaman-pengalaman yang dialami dalam suatu lingkungan/data, dengan cara mencoba berbagai action dan mengukur hasil dari action/execution tersebut.

Machine learning seringkali digunakan dalam aplikasi seperti pengenalan wajah (Face Recognition), pengenalan suara (Voice Recognition), dan pemrosesan bahasa natural (Natual Language Processing).

Namun, machine learning juga dapat diterapkan di berbagai macam bidang, seperti finansial, medis, dan industri.

Asal Mula Machine Learning

Pertama kalinya, asal mula machine learning dapat ditelusuri kembali ke tahun 1950-an, ketika para ilmuwan mulai mempelajari cara menggunakan komputer untuk mempelajari sebuah data secara otomatis.

Pada awalnya, machine learning dianggap sebagai bagian dari ilmu komputer yang lebih luas, yang dikenal sebagai kecerdasan buatan (artificial intelligence). Namun, seiring dengan perkembangan teknologi dan pengetahuan yang lebih mendalam tentang machine learning, ilmu ini mulai dianggap sebagai cabang ilmu komputer yang terpisah atau bisa disebut lebih detail.

Saat ini, machine learning merupakan salah satu bidang yang paling penting dan berkembang pesat dalam ilmu komputer, dengan aplikasi yang terus berkembang di dunia modern ini, seperti pengenalan wajah, pemrosesan bahasa, pengenalan suara dan masih banyak lagi.

Kegunaan Machine Learning

Machine learning memiliki banyak kegunaan, Beberapa contoh kegunaan machine learning antara lain:

  1. Analisa data: Machine learning dapat digunakan untuk menganalisa data yang sangat besar (Big Data) dan kompleks untuk menemukan pola dan trend yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
  2. Prediksi: Machine learning dapat digunakan untuk memprediksi hasil yang mungkin terjadi di masa yang akan datang, seperti memprediksi harga saham atau tingkat keberhasilan suatu perencanaan.
  3. Pengenalan wajah: Machine learning dapat digunakan untuk mengenali wajah orang dalam foto atau video.
  4. Pemrosesan bahasa: Machine learning dapat digunakan untuk membantu komputer memahami bahasa yang digunakan oleh pengguna, hal ini sangat membantu untuk membuat aplikasi chatbot yang lebih baik atau sistem pencarian yang lebih akurat seperti Google Search, dan sejenisnya.
  5. Klasifikasi: Machine learning dapat digunakan untuk mengelompokkan item ke dalam kelompok yang sesuai, seperti membedakan spam dari email, gender, kata yang sering muncul, dan sebagainya.
  6. Rekomendasi: Machine learning dapat digunakan untuk memberikan rekomendasi kepada pengguna berdasarkan preferensi mereka, seperti memberikan rekomendasi lagu atau film yang mungkin disukai oleh pengguna berdasarkan history pengguna tersebut.

Ini hanya beberapa contoh dari kegunaan machine learning. Biar bagaimanapun, Machine Learning terus berkembang seiring berkembangnya teknologi di dunia modern seperti sekarang ini.

Apa Saja Yang Harus Dipelajari Untuk Menguasai Machine Learning?

Untuk menguasai machine learning, ada beberapa hal yang perlu kamu dipelajari, antara lain:

  1. Matematika dasar: Machine learning membutuhkan pengetahuan matematika dasar, seperti algebra, trigonometri, dan analisis.
  2. Statistik: Machine learning merupakan cabang dari statistik, sehingga pengetahuan dasar tentang statistik sangat penting untuk memahami machine learning.
  3. Programming: Machine learning membutuhkan kemampuan programming untuk menulis kode yang akan digunakan untuk melakukan pembelajaran.
  4. Data preprocessing: Sebelum melakukan pembelajaran pada machine learning, data yang akan digunakan harus dipersiapkan terlebih dahulu, seperti menghilangkan noise atau outlier dari data.
  5. Machine learning algorithms: Kamu harus memahami berbagai macam algoritma machine learning yang tersedia, seperti decision tree, support vector machine, dan neural network, serta kelebihan dan kekurangan masing-masing ketika menggunakan algoritma tersebut.
  6. Data visualization: Machine learning souvenir menganalisis data, sehingga kemampuan menggambar plots dan visualisasi data sangat penting untuk memahami pola dan trend pada suatu data.
  7. Machine learning libraries: Ada banyak library yang tersedia untuk memudahkan pembuatan model machine learning, seperti scikit-learn, TensorFlow, dan PyTorch.

Daftar di atas hanyalah sebagian kecil yang perlu kalian pelajari untuk menguasai Machine Learning. Selain itu, membaca literatur dan mengikuti workshop atau kursus online juga dapat membantu kalian memperdalam pengetahuan tentang machine learning.

Jadi, sudah siap untuk belajar Machine Learning? Yuk, mulai dari sini!


Baca juga:

Leave a Comment