Apa Itu Hosting? Pengertian Hosting Dan Jenisnya

Apakah Itu Hosting? - Pengertian Hosting
Apakah Itu Hosting? – Pengertian Hosting

Apa Itu Hosting? – Hosting adalah layanan yang menyediakan tempat atau ruang server untuk menyimpan dan mengelola data website agar bisa diakses melalui internet.

Dalam pembuatan website, hosting dan domain adalah dua hal yang berbeda namun keduanya dibutuhkan. Domain berfungsi sebagai alamat website atau URL yang unik, sedangkan hosting berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan semua data website tersebut.

Ada beberapa jenis layanan hosting yang tersedia seperti shared hosting, VPS hosting, reseller hosting, dan cloud hosting.

Layanan hosting ini memiliki kelebihan-kelebihan tertentu seperti kecepatan akses website yang lebih cepat, performa website yang lebih stabil, dan keamanan website yang lebih terjamin.

Dewasa ini, bagi sebagian orang yang baru saja masuk ke dunia web development ataupun blogging tentunya masih awam tentang kedua istilah tersebut.

Pengertian Hosting, Apa itu Hosting?

Pengertian Hosting atau web hosting adalah sebuah media penyimpanan umum yang digunakan untuk menyimpan data mereka secara online baik secara individu (perorangan) maupun organisasi (komunitas dan perusahaan) sehingga dapat diakses oleh semua orang dengan memanfaatkan koneksi internet.

Hosting digunakan untuk mempublish sebuah website/halaman web agar selalu terhubung dengan internet, dan dapat diakses oleh banyak orang yang terhubung ke internet, menggunakan ip public yang telah sediakan oleh penyedia hosting, dimana ip public inilah yang nantinya akan kita hubungan ke domain yang telah kita miliki.

Baca juga: Apa Itu Cloud Computing? Apa Perbedaan Cloud Computing Dengan Cloud Hosting?

Kegunaan domain sendiri adalah mempermudah orang dalam mengingat sebuah alamat menggunakan nama / character dibandingkan harus menggunakan ip address.

Contoh:
Dengan domain, orang akan lebih mudah mengingat alamat web/blog kita, seperti notnoob.com dibandingkan harus mengingat alamat ip website/blog kita dengan menggunakan ip public 280.189.90.80

Apa Itu Domain?

Jenis-jenis Hosting

Pengertian Hosting selanjutnya adalah mengenai jenis-jenis hosting.

Hosting sendiri memiliki banyak jenis.
Di antaranya:

Apakah Yang Dimaksud Hosting? - Pengertian Hosting
Apakah Yang Dimaksud Hosting? – Pengertian Hosting

1. Personal Hosting

Sama seperti namanya, personal hosting adalah sebuah tempat penyimpanan yang cenderung memiliki kapasitas kecil, biasanya digunakan untuk pemula, para pelajar dan beberapa orang yang baru memulai belajar membuat blog.

Personal hosting sendiri memiliki fasilitas yang bisa terbilang cukup, berisikan beberapa tools yang digunakan untuk membantu memanage aplikasi/website kita agar tetap up & running.

Walaupun demikian, sekarang telah banyak pula para penyedia layanan hosting yang memberikan fitur yang cukup lengkap bagi para pelanggan personal hosting, seperti salah satu partner kami di bawah ini.

Baca juga: 10 Teknologi Terbaru Di Masa Depan

2. Shared Hosting

Tidak jauh berbeda dengan Personal Hosting, Shared Hosting biasanya memiliki kapasitas yang lebih besar dikarenakan ada banyak pengguna di dalamnya, sama seperti jenisnya yaitu “Shared”.

Hosting jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan berskala kecil untuk menyimpan website company profile mereka maupun blog.

Ada pula beberapa perusahaan besar yang menggunakannya tetapi hanya sebatas untuk menyimpanan email dan company profile mereka.

Dikarenakan kapasitas yang lebih besar dari pada personal hosting, shared hosting sering kali dapat menampung lebih dari satu resource dari beberapa website / blog sekaligus.

Shared Hosting juga seringkali dijadikan sebagai wadah email oleh beberapa perusahaan yang membutuhkan email professional sesuai dengan nama domain mereka.

Baca penjelasan detail shared hosting di sini: Apa Yang Dimaksud Dengan Shared Hosting?

3. Dedicated Hosting

Dedicated Hosting sendiri adalah sebuah penyimpanan didedikasikan untuk pelanggan yang memiliki requirement (kebutukan) khusus dalam aplikasi mereka.

Seperti namanya, dedicated berarti penyedia layanan hosting akan memberikan atau mendedikasikan sebuah ruang penyimpanan khusus (komputer fisik) untuk client tersebut.

Kita akan mendapatkan hak akses yang lebih lengkap dengan menggunakan hosting jenis ini, karena memang tujuan utama dedicated hosting sendiri adalah memberikan fasilitas terbaik berupa garansi uptime, full support, maintenance schedule, hingga fasilitas backup data sesuai permintaan.

Berbeda dengan shared hosting yang bisa kita pakai secara berjamaah, dedicated hosting memiliki ruang penyimpanan tersendiri dan terpisah dari yang lainnya.

Hal tersebut sangatlah penting jika memang aplikasi kita membutuhkan requirement khusus untuk menunjang performa karena begitu banyaknya traffic pada aplikasi milik kita.

Baca penjelasan detail tentang dedicated hosting di sini: Apa Yang Dimaksud Dengan Dedicated Hosting?

4. Cloud Hosting

Lalu apakah yang dimaksud dengan Cloud Hosting?

Pengertian Cloud Hosting adalah sebuah penyimpanan berbasis online “cloud” yang memungkinkan kita menyimpan data / aplikasi kita di lebih dari satu server.

Seiring perkembangannya, hosting berbasis cloud memiliki arsitektur yang lebih modern dan lengkap.

Jika dengan tradisional hosting seperti shared hosting kita akan harus berbagi resource dengan pengguna lain, maka dengan Cloud Hosting kita bisa memiliki server pribadi seperti halnya dedicated hosting.

Cloud Hosting cenderung memiliki server di berbagai lokasi di seluruh dunia sehingga membuatnya lebih cepat diakses oleh pengguna manapun di seluruh dunia, jadi wajar jika harga Cloud Hosting biasanya lebih mahal dibandingkan hosting jenis lainnya.

Perbandingan yang paling mudah adalah, ketika para user / visitor berkunjung ke website / aplikasi yang kita miliki, data tersebut hanya akan dilayani dan diteruskan hanya melalui satu server, karena semua resource aplikasi kita hanya ada di dalam satu tempat (dedicated resource).

Sehingga, ketika server tersebut mengalami gangguan teknis yang serius, maka akan menyebabkan gangguan pada aplikasi kita, seperti terjadi pengurangan performa, crash, atau bahkan mengalami down.

Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan bukan? kita akan kehilangan banyak traffic (baca: uang), apalagi jika kita telah memiliki ribuan pengunjung setia, baik new visitor maupun returning visitor yang berdampak besar terhadap kondisi dompet.

Berbeda halnya dengan tradisional hosting, Cloud Hosting memungkinkan kita untuk saling membagi resource yang ada di beberapa lokasi server, sehingga membuat kinerja website/aplikasi kita semakin cepat

Contoh sederhananya, jika server di lokasi tertentu mati, maka resource akan dialihkan ke lokasi lainnya yang memiliki koneksi stabil. Sehingga orang lain bisa terus mengakses aplikasi kita tanpa adanya ganggunan akses yang disebabkan karena server yang mati di lokasi tertentu, begitupun seterusnya.

Kelebihan lain dari cloud hosting adalah, kita akan mendapatkan harga yang fleksible berdasarkan penggunaan. Atau biasa disebut only pay for what you use.

Baca penjelasan detail kami tentang: Apa Itu Cloud Hosting?

Conclusion

Demikianlah contoh dan pengertian hosting yang wajib kamu ketahui sebelum memulai membuat blog.

Baik personal hosting, shared, dedicated, hingga cloud hosting memiliki kelebihan kelemahan tersendiri.

Jika kita baru memulai membuat sebuah blog dengan domain sendiri, maka pilihan personal hosting sangatlah cocok, sementara shared dan dedicated sangat cocok digunakan oleh komunitas, perusahaan maupun blog yang membutuhkan requirements tertentu guna menunjang performa dan kinerja aplikasi yang ada.

Cloud hosting juga lebih disarankan untuk kita yang mengutamakan quality, performance, scalability, dan stability.


Artikel lain yang wajib kamu tahu:

1 thought on “Apa Itu Hosting? Pengertian Hosting Dan Jenisnya”

  1. Artikel seperti ini akan sangat bermanfaat untuk pengguna awam seperti saya yang baru saja mulai di dunia blogging.

    Terima kasih banyak mas untuk ilmunya1

    Reply

Leave a Comment